Outdoor Education di Hari Pahlawan

Outdoor Education di PT. Dua Kelinci
Outdoor Education SMP N 3 Satu Atap Gebog Kudus dilaksanakan pada hari Sabtu 10 Nopember 2012, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Obyek tujuan outdoor education ada tiga tujuan yaitu wisata industri ke PT. Dua Kelinci Pati, Museum Purbakala Situs Pati Ayam dan Taman Makam Pahlawan Pertiwi Kudus. 

Maksud dan tujuan kegiatan outdoor education ini adalah agar peserta mendapatkan ilmu pengetahuan yang tidak diperolehnya di sekolah atau dikelas dan peserta didik dapat mengembangkan wawasan pengetahuan yang bersumber di luar sekolah.

Setelah Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dengan Pembina Upacara Kepala Sekolah Supena, S.Pd, peserta didik dengan didampingi bapak / ibu guru berangkat ke tujuan outdoor education dengan transportasi angkot sebanyak 13 armada. Jumlah peserta didik yang mengikuti sebanyak 175 orang ( kelas VII, VIII dan IX ) dan guru pendamping sebanyak 13 orang termasuk staf TU dan Penjaga Sekolah.

Outdoor Education yang pertama di PT. Dua Kelinci Pati

Outdoor Education di PT. Dua Kelinci
Kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di PT. Dua Kelinci adalah sesuai panduan dari pemandu wisata industri perusahaan. Kegiatan yang pertama setelah transit di ruang kantin perusahaan adalah masuk ruang presentasi untuk mendengarkan uraian presenter wisata industri dan menyaksikan film sejarah berdirinya hingga berkembangnya perusahaan, proses pembuatan dan jenis produk yang dihasilkan.




Outdoor Education yang kedua di Museum Purbakala Situs Pati Ayam

Outdoor Education di Rumah Fosil
Museum Purbakala Situs Pati Ayam Kudus belum sebagus Museum Purbakala di Sangiran Sragen. Museum ini masih dompleng di area balai desa Terban Kec, Jekulo Kudus. Peserta didik dari SMP 3 Satu Atap Gebog sebanyak 175 orang harus bergilir masuk ke show room atau rumah fosil karena tempatnya sangat sempit. Kalau dibanding dengan kantor balai desa Terban ukuran rumah fosil hanya sepertiganya.

Peserta didik masuk fosil bergilir kelas VII mendapat giliran pertama, sedang kelas VIII dan IX bersama masuk karena jumlahnya sedikit. 

Diruangan rumah fosil peserta didik dapat melihat fosil gajah dan sapi / kerbau purba secara langsung. Petugas rumah fosil Situs Pati Ayam memberi penjelasan tentang penemuan, jenis fosil dan zaman gajah itu hidup dimasa yang lalu.

Outdor Education yang ketiga di Taman Makam Pahlawan Pertiwi Desa Kaliputu Kudus

Outdoor Education di Makam Pahlawan
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Untuk mendidik peserta didik agar memiliki jiwa kebangsaan, patriotisme dan menghargai para pahlwan, perlu adanya kegiatan outdoor education ke Taman Makam Pahlawan. SMP N 3 Satu Atap Gebog Kudus mengadakan kegiatan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan bertepatan pada Hari Pahlawan 10 Nopember 2012.

Di Taman Makam Pahlawan peserta didik melakukan do'a bersama dipimpin oleh Aida Mustofa, S.Pd wakil kepala sekolah. Dalam acara berdo'a bersama ini mendo'akan agar jasa para pahlawan yang telah gugur amal bhaktinya untuk negara ini diterima oleh Allah SWT. dan ditempatkan di Surga Allah, amin.

Setelah acara do'a bersama peserta didik di persilakan untuk melihat tahun dan nama-nama pahlawan yang telah gugur di medan perang dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan ini. Semoga negara Indonesia yang telah diperjuangkan kemerdekaannya ini menjadi negara yang besar, negara yang adil, makmur dan sejahtera.

2 Silaka Beri Komentar Disini:

Unknown mengatakan...

Boleh tanya gak?

Unknown mengatakan...

Silakan bertanya sangat diperbolehkan

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons